Resume Psikologi dan Tahap Pendidikan

psikologi dan Psikologi dan Tahap Pendidikan

I.Masa anak-anak awal atau masa prasekolah

•Terjadi pada usia 2 – 6 tahun

•Masa Negativis (Trotzalter), yaitu masa dimana anak-anak suka membangkang, adanya penentangan yang terjadi karena anak-anak yang merasa bahwa dirinya sudah bisa melakukan segala hal dengan sendiri.

•Masa bermain. Macam – macam masa bermain ini yaitu :
a)Unoccupied behavior
b)Onlooker behavior
c)Salitary dependent play
d)Parallel play
e)Associative play
f)Cooperative play

 •Masa eksplorasi, yaitu masa dimana rasa ingin tahu anak-anak meningkat untuk menyelidiki tentang lingkungan sekitarnya

 •Masa meniru. Anak-anak cenderung akan meniru hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya tanpa mengeti arti dari perilaku yang mereka tiru.

 Tahap perkembangan kognitif pada masa anak-anak awal menurut Piaget yaitu tahap Praoperasional,
dengan ciri-ciri :
Belajar menggunakan bahasa
Cara berpikit yang bersifat egosentris

Tingkat perkembangan moral pada masa anak-anak awal menurut Kohlberg yaitu Prakonvensional :
 Tahap 1 : Orientasi hukuman
 Tahap 2 : Orientasi ganjaran

 II.Masa kanak – kanak akhir
          •Terjadi sejak umur 6 tahun sampai tahap matang secara seksual.
          •Adanya pengaruh dari teman sebaya yang mulai dominan.
          •1-2 tahun terakhir merupakan masa pra pubertas.

      Tahap perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak akhir adalah
      tahap operasional dengan ciri-ciri :
     Mampu berpikir logis tentang suatu objek dan dan suatu kejadian
     Mampu mengklasifikasikan objek
     Menguasi konversi jumlah dan berat
     Tingkat perkembangan moral pada masa kanak-kanak akhir adalah Konvensional :
     Tahap 3 : Orientasi pada “Good boy / girl “
     Tahap 4 : Orientasi otoritas

 •Tahap perkembangan menurut Erikson adalah Tahap Industry vs Inferiority. Inisiatif yang ada dalam diri anak apat membut mereka berhubungan dengan hal-hal baru. Selain itu pada tahap ini rasa perasaan rendah diri akan muncul oleh karena itu pada tahap ini anak harus dilatih untuk lebih berani 

III.Masa remaja ( Adolescence )

 •Masa remaja dimulai dari usia 11 atau 12 tahun sampai 18 atau 24 tahun
•Perkembangan fisik yang terjadi pada remaja adalah perubahan yang mengarah kepada bentuk badan orang dewasa
 •Perkembangan seksual pada remaja yaitu mulai aktifnya hormon-hormon seksual : Menarche dan Polutio
 •Mulai tertarik kepada lawan jenis (perkembangan heteroseksual)
•Pola pikir cenderung egosentris

 Perkembangan kognitif pada masa remaja yaitu Tahap Operasional, dengan ciri-ciri :
Mampu berpikir logis mengenai sesuatu yang abstrak
Menaruh perhatian tentang masa depan
Mampu membentuk konsep ideologis dan membuat hipotesis

 Perkembangan identitas diri pada remaja : Identity vs Role confusion.
 Pada tahap ini muncul pertanyaan mengenai siapa diri remaja tersebut.
 Munculnya rasa ingin diakui
 Cenderung mencba dan meniru “idola” nya.
Perkembangan moral pada remaja :
 Tahap 5 : Orientasi kontrak sosial
 Tahap 6 : Orientasi asas etis

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top